*Rujak Banyuwangi,Rojak Singapore,Malaysia,danMexico serta Indian Rojak

SHAKESPEAR HOUSE

SHAKESPEAR HOUSE

Overland dari London ke Land End

Overland dari London ke Land End

London

London

BUCHKINGHAM PALACE

BUCHKINGHAM PALACE

Sebagai orang Banyuwangi, istriku sangat hobby rujak.Dimanapun berada selalu menyempatkan diri mencari rujak, baik di Indonesia maupun diluar negeri. Makan rujak setelah menempuh perjalanan yang jauh , apalagi ditengah hari yang panas , sungguh luar biasa enaknya. Ketika kami melakukan overland di Inggris, mulai West England sampai Land End, istriku telah menyiapkan bumbu rujak buah. Ya karena di Inggris pasti tidak ada rujak, apalagi rujak cingur, atau rujak soto……..Aaaah sedap.Ketika melihat ibunya membawa rujak , anak saya dan teman temannya satu rombongan terpingkal pingkal….Mungkin dalam pikirannya ….dasar wong Banyuwangi.

Tetapi ketika kami sudah mulai menyusuri kota2 di Inggris dimusim semi dan ketika matahari sudah tepat diatas kepala , anak anakku dan kawannya baru menyadari betapa nikmatnya makan rujak.Apalagi makannya dihalaman Warrick Palace yang indah, di Bath( kota paling Indah menurut Tanthowi Yahya), di halaman rumah penyair dunia Shakespear, atau di halaman Istana Land End( Sebuah istana yang dibangun disebuah pulau seperti tanah Lot, apabila laut pasang maka seperti terletak disebuah pulau, dan kalau air surut ,kita dapat ke istana melalui jalan darat yang telah dipersiapkan)… alangkah nikmatnya.

Begitu juga ketika overland dari San Francisco, Chico, Lake Tahoo, Renoo ( kota judi kedua setelah Las Vegas ,)San Diego, Carment (kota dengan bunga mawar besar dan segala warna …..ada yang warna hitam lho) , kota pantai Half Moon Bay , rujak tidak ketinggalan.

Karena anak saya sudah tahu kegemaran ibunya , maka ketika kami di San Francisco, kami diajak ke suatu tempat di San Fransico, yang menjadi tempat komonitas Mexico. Ternyata di tempat ini dijual juga semacam rujak. Bumbunya sangat sederhana, yaitu garam , jeruk nivis dengan air secukupnya, sedang buahnya hanya mangga mengkal.

Ketika kami berada di Malaysia dan Singapore, kamipun menemukan rujak dikampong peranakan, orang china yang telah kawin dengan melayu (jawa?). Rujak di Singapore dan Malaysia disebut rojak. Bumbunya seperti rujak buah Banyuwangi, ditambah petis , kecombrang (di Banyuwangi disebut lucu) dan ditambah kacang yang ditumpuh secara kasar. Bahannya buah buahan segala macam, sesuai pesanan, tetapi ada tambahannya yaitu bolang baling (cak kwee) .

Harganya ,Singapore $5,( sekarang Rp. 35000, ).. tetapi porsinya hanya separo porsi rujak Banyuwangi.

Dan satu lagi,di Singapore ada lagi rojak, orang Singapore (Singaporean ) menyebutnya Indian Rojak .

Bahannya ,sotong goreng, kentang goreng,bakwan , dan goreng gorengan lainnya, tanpa sayuran maupun buah.

Sedang bumbunya seperti bumbu kari dan ditambah sambal.

Saya belum pernah mencobanya.

Dan saya ragu apakah ini bisa disebut rujak ………..andai pakai Indian sekalipun.

Indian  Rojak


5 Tanggapan to “*Rujak Banyuwangi,Rojak Singapore,Malaysia,danMexico serta Indian Rojak”

  1. Wah…….gaya bertuturnya indah sekali.
    Salut mas.

  2. MxjBj0 kqclawfytxpx, [url=http://zrrkofqnkxgo.com/]zrrkofqnkxgo[/url], [link=http://wzgzxykyihrq.com/]wzgzxykyihrq[/link], http://twkqkwvvgymq.com/

  3. ViKPWg advxjoqtwphk, [url=http://zhlhqqnbvcbf.com/]zhlhqqnbvcbf[/url], [link=http://xvwfrvitskmj.com/]xvwfrvitskmj[/link], http://oottraursjhw.com/

  4. wao istimewa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: