Abdul MajidBeri teladan Politik dan Tegak dalam Badai

 

Itulah dua judul artikel yang diturunkan satu Koran Ibukota ketika ulang tahunnya yang ke 90 dirayakan pada tgl 17 Nopember 2007 . Ketua panityanya Menteri Pemuda dan Olahraga. Hadir dalam peringatan 1000 undangan , diantaranya nampak  mantan presiden R.I bapak K.H. Abdurachman Wahid, mantan menteri Sekretaris Negara bapak Moerdiono, Wkl Ketua DPR Soetardjo Goeritno, mantan ketua Golkar Akbar Tanjung,Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Assidieqqi(pada 2007), Ketua Komisi 1 Theo Sambuaga .

Bpk. Abdul Majid dianggap mampu membalikan kesan , bahwa politik itu kotor, terlebih pada saat ini, ketika wakil rakyat banyak terlibat dalam korupsi. Dia memberi teladan justru politik itu LUHUR.Seluruh hidupnya memang didedikasikan untuk untuk politik.

Pria kelahiran Banyuwangi  16 Nopember  1917, mulai berpolitik thn 1945, dengan menjadi anggota PNI, dan mulai berkiprah dalam perjoangan menegakkan NKRI, dari Minahasa bersama Dr.Sam Ratulangi.Minahasa pada saat itu adalah bagian dari Republik Indonesia Serikat, dan daerah tempat pensiunan KNIL, yang menginginkan Minahasa menjadi provinsi ke 12 dari Nederland (  Negeri  Belanda).

Kesuksesan dalam perjoangan itu telah mengangkat karir politiknya.Pernah menjadi Sek.Jen PNI,Sek.Jen PDI, Anggota Dewan Pertimbangan Pusat PDIP dan kini menjadi anggota Dewan Pertimbangan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP)

Beliau juga menjadi anggota DPR sejak tahun 1959, DPRS/MPRS 1967 sd 1971, anggota DPR PDI 1972 sd 1977,1977 sd 1982.

Dalam usianya yang ke 90 tahun, masih memiliki kemampuan pidato . Memang pada masa mudanya dikenal sebagai jagoan pidato, sampai sampai dalam pidatonya di Makassar Bung Karno merasa ‘keok’ dengan kemampuan pidato pemuda Abdul Majid

~ oleh sumono pada 29 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: