Muhammad Ikhsan . wong Banyuwangi di Pucuk Pimpinan Ford

Pria Banyuwangi di Pucuk Pimpinan Ford

Muhammad Ikhsan – detikOto

img

Jakarta – Pucuk kepemimpinan PT Ford Motor Indonesia (FMI) baru saja berganti dan kini dipegang oleh Bagus Susanto sebagai Managing Director PT FMI. Pria asal Banyuwangi itu menggantikan Will Angove sebagai Presiden Direktur PT FMI yang mengakhiri masa kerjanya pada akhir Agustus 2011.

Sebelum menjabat sebagai Managing Director PT FMI, pria lulusan ITS kelahiran 1974 silam itu menjabat sebagai Sales and Marketing Director PT FMI. Sebenarnya Bagus bukan orang asing di Ford, pria penyuka makanan gado-gado itu sudah bergabung dengan Ford sejak 1 Mei 2003 silam.

Pria yang sempat berkecimpung di Astra dan juga penyuka jogging ini awalnya menduduki posisi General Manager Marketing PT FMI. Namun kini ia dipercaya memimpin bisnis mobil Ford di Tanah Air.

Menurutnya Ford masih bisa terus berkembang di Tanah Air seiring dengan perkembangan industri mobil yang kian pesat. Masih banyak celah yang ia harus masuki untuk membuat mobil-mobil Ford lebih terkenal lagi dan menyebar di seluruh daerah di Tanah Air.

detikOto sempat mewawancarai Bagus di kantor pusat FMI di Wisma Pondok Indah II. Nah, berikut wawancara detikOto dengan Bagus.

1. Sejak kapan bergabung dengan Ford Motor Indonesia (FMI). Lalu kenapa memilih Ford?

Saya bergabung dengan Ford sejak 1 Mei 2003. Saya pindah dari Toyota ke Ford. Di Toyota itu saya bekerja sebagai Coorporate Planning. Masuk pertama kali ke jajaran Ford Motor Indonesia sebagai GM Marketing FMI.

Apa yang saya lihat pertama kali bergabung dengan Ford, sebelum saya berbagung dengan Ford, Ford adalah salah satu merek otomotif papan atas dunia yang sedang melakukan ekspansi waktu itu dan ini kembali ke 2003, melihat Indonesia sebagai market yang potensial dan ingin memperkuat eksistensi Ford di Indonesia, dan itu adalah tantangan bagi saya.

Kalau di dunia, Ford adalah produsen otomotif kedua terbesar di dunia waktu itu, saya pikir dengan produk-produk globalnya dan melihat Indonesia sebagai market yang potensial, saya pikir mereka (Ford) memberikan tantangan yang menarik bagi saya.

Karena itu pertimbangan saya keluar dari Toyota dan memutuskan masuk ke Ford. Tantangannya Ford waktu itu hanya menjual, kalau tidak salah Ford Ranger yang diluncurkan 2002 dan selanjutnya Ford Link, kemudian Escape itu pun hanya 3.0 liter. Saya lihat ini sangat kecil sekali, jadi memang pertumbuhan yang sangat signifikan dan merupakan keputusan, keluar dari suatu perusahaan yang establish seperti Toyota kemudian masuk ke perusahaan yang menjadi penantang dan itu menjadi tantangan sendiri bagi saya. Eksistensi Ford sendiri belum ada, melihat dilernya masih terbatas waktu itu, dan melihat produknya sendiri masih 3 line-up dan harganya masih di atas Rp 200 juta dan banyak orang juga belum tahu Ford seperti apa di Indonesia.

Semua hal tersebut menjadikan tantangan bagi saya, di balik itu semua saya melihat bahwasanya ini punya potensi ke depan karena saya melihat reputasi Ford sebagai perusahaan global. Melihat keseriusan Ford melakukan ekspansi khususnya di wilayah ASIA dan yang mana menurut saya ASIA salah satu ‘hot market’ sehingga ini menjadikan saya menjadi ‘part of the team.’ Saya sendiri sangat ambius untuk mengembangkan market Ford di Tanah Air.

Kalau saya lihat tantangannya lebih ke arah produk line-up yang kita miliki itu yang pertama, karena kalau kita bicara awareness dan penetrasi sebetulnya kita tidak boleh hanya menjual mobil saja.

Yang menjadikan tantangnya bagi kita adalah bagaimana, satu bisa mempenetrasi market tersebut seiiring waktu kita eksis di Indonesia, seperti sekarang ini tahun lalu kita rilis Ford Fiesta artinya kita masuk ke dalam satu segmen yang sebelumnya kita tidak pernah sentuh. Pasarnya hanya 8-9 persen, dan itu terus berkembang bila dilihat.

Nah kalau kita ingin memperkuat eksistensi kita harus memperkuat dengan produk baru.

2. Ford Motor Indonesia selama ini identik dengan sosok warga asing terutama Will Angove. Bagaimana rasanya menjadi orang Indonesia pertama yang bisa menjadi bos Ford di Indonesia?

Perasaan saya, kalau prinsip saya menjadi orang pemimpin itu merupakan suatu penghormatan dan tanggung jawab yang diberikan dan suatu kesepatan memimpin orang lain namun merupakan tanggung jawab sebagai pemimpin itu kita harus malayani dan bukan hanya ingin dilayani.

Ini merupakan suata kehormatan bagi saya, dan suatu kehormatan sebagai anak bangsa sebagai orang Indonesia dan harus saya jaga dan ke depan ini pasti ada pemimpin-pemimpin yang lain dari tim FMI itu sendiri. Di satu sisi yang lain saya merasa ini merupakan tanggung jawab yang besar. Ford melihat Indonesia sebagai suatu pasar potensial.

Dan berjalan dengan rencana ekspansi di ASIA maka ekspektasi itupun harus dibarengi dengan dedikasi maupun kegigihan dengan tekad dan semangat yang bulat untuk mencapai yang diharapkan.

Apa yang diharapkan tentunya adalah bagaimana strategi Ford secara global yaitu ‘One Ford’ dan itu bisa terwujud di Indonesia sendiri. Apa sih strategi One Ford itu sendiri sebetulnya ujung dari segi produk, ke depan Ford akan meluncurkan global produk yang merupakan sebagai strategi One Ford itu sendiri.

Global produk ini sendiri yang akan kita luncurkan di Indonesia ataupun di ASEAN. Dalam 5 tahun ke depan Ford akan meluncurkan 8 produk baru Ford. Dan produk itu sendiri akan kita luncurkan di Indonesia, dan di Indonesia kita mengharapkan kesuksesan.

Itu bisa dilihat sebetulnya pada waktu kita meluncurkan produk global yaitu Ford fiesta, dimana produk tersebut mendapatkan respons yang sangat tinggi dan itu memberikan kepercayaan yang tinggi pada diler dan supplier.

3. Menurut Bapak, beda Ford dengan pabrikan Amerika lain?

Direction Ford ke depan kita terus meluncurkan produk-produk global Ford yang mana kalau jika Anda lihat kasusnya Fiesta, produk kita sangat masuk dari segi kebutuhan, matching istilahnya.

Kita mempunyai kepercayaan tinggi baik itu di Fiesta, baik itu produk-produk yang akan datang seperti All New Ranger, All New Focus. Kita punya kepercayaan yang tinggi. Mereka akan suka dengan produk seperti itu, modern, progresif, menonjolkan kepercayaan yang tinggi, image yang pas, kualitas yang bagus dan esklusivitas.

Bagus pun meyakini berbagai fitur yang terbenam di mobil-mobil Ford sangat membantu pengendaranya seperti fotur parking otomatis yang tersemat pada all new Focus mendatang. Fitur tersebut sangat membantu pengendara wanita.

Apa yang menjadi kendala bagi pengendara wanita? adalah parkir. Nah all new Ford Focus menggunakan sensor parking.

Saat ini seperti yang diyakini Bagus, konsumen memilih mobil yang memiliki gedget, knowledge table. seperti Ford Fiesta. Ford Fiesta menurutnya tidak hanya kaya fitur tapi juga kaya fitur keselamatan seperti ESP.

Jualan mobil tidak ada ABS konsumen tidak mau begitu juga jika tidak ada ESP. Konsumen sekarang sudah mengerti Electronic Stability Program (ESP). Ford mempunyai komitmen dalam hal itu. Yang jelas Ford mempunyai komitmen dan itu merupakan salah satu pilar yang kita sebutkan tadi, faktor safety itu merupakan salah satunya. Yang memang paling cool itu voice command, tapi aspek keselamatan itu sendiri sangat penting.

Ford memiliki fitur ESP dan ada di Ford Fiesta di mana kompetitor yang lain fitur keselamatan itu hanya diproduk Rp 400 juta ke atas. Selain desain, kualitas, efisiensi bahan bakar kemudian smart teknologi dan tantangan bagi kita how to delivery to its segment.

4. Bagaimana strategi yang akan diambil untuk menembus dominasi Jepang di Indonesia?

Kalau membicarakan strategi untuk meningkatkan penjualan Ford di Indonesia menurut saya satu yang jelas kita harus meningkatkan porsi. kita harus jualan mobil baru, dan menigkatkan segmen kita, dari 20 persen ke 80 persen.

Seperti produsen lain memiliki mobil di segmen lain. Kalau kita mau penetrasi market lebih dalam lagi, mau-mau tidak mau langkah itu harus kita tempuh, dan itu kita sudah punya rencanakan kalau penetrasi kita lebih dalam itu pertama dan kedua tentu adalah dari sisi network karena Indonesia Luas sekali.

Orang beli mobil tidak hanya sekedar beli dan selesai. Seperti service dan berapa jauh dari jarak ke rumah. Target kita kedepan meningkatkan atau memperbesar akses jaringan kita terhadap konsumen.

Mungkin selama 2003 kita terus meningkatkan hingga akhir tahun ini kita punya 40 diler. Tahun depan kita buka lagi dengan harapan jangkauan kita ke konsumen semakin melebar.

Kedua dari segi brand, tentunya dari segi image jauh berbeda dengan 2003 ketika saya gabung. Sekarang Ford bukan unit taksi, Ford bukan hanya dari Amerika saja. Sekarang beda sekali. Diler Ford kini tersebar di seluruh Indonesia seiring dengan produk yang kita jual, diler juga akan kita tambah,” umbarnya.

5. Pasar MPV masih mendominasi Tanah Air, apakah Ford Indonesia akan bermain di segmen ini?

MPV masih mobil keluarga, aspek kekeluargaan di Asia relatif lebih tinggi dibanding di luar ASIA. Kalau saya lihat bukan MPV tapi mobil dengann kapasitas yang lebih banyak.

Ke depan kita akan harus memperluas pangsa pasar kita, segmen mana yang kita masukin saya belum bisa open. Tapi directionnya memang ke arah sana, mau-mau tidak mau, kalau Ford mau ekspansi harus meningkatkan kue.

Kita tidak akan bisa maksimal seperti sekarang kalau Ford enggak main di B-segmen, SUV, pikap. kita tidak bisa meningkatkan ke penjualan 17 ribu. Ford sendiri tidak punya MPV di Asia.

6. Ada rencana membangun pabrik di Indonesia?

“Kita (Ford) tidak punya rencana sampai saat ini untuk melakukan itu. Kita ini berada di kaawsan ASEAN dimana kita mempunyai peraturan ASEAN Free Trade Area (AFTA yang tidak punya batasan. Selama memenuhi 40 persen ASEAN lokal konten, aman.

Sebetulnya bea masuk dari Indoensia ke Thailand begitu juga sebaliknya 0 persen. Jadi tidak ada suatu keharusan untuk membangun pabrik. Sekarang ini kita tidak punya rencana untuk itu.

Bagus di kantornya

~ oleh sumono pada 23 September 2011.

5 Tanggapan to “Muhammad Ikhsan . wong Banyuwangi di Pucuk Pimpinan Ford”

  1. Selamat ya mas… bangga sebagai almamater ITS

  2. Saya ingin jadi orang sukses seperti P. Bagus

    • Aaaamiiiinn. Mudah mudahan tekada adik terkabul….ada sayap yang dapat membuat kita terbang tinggi…..Ibuku, ibuku,ibuku ( Sabda rasul Muhammad SAW)

  3. i..love mustang……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: