HASNAN SINGODIMAYAN:The author of kerudung Santet Gandrung

HASNAN PEJOANG GIGIH BUDAYA BANYUWANGI/bLAMBANGAN

Disamping Hasan Ali, nama Hasnan Singodimayan dikenal sebagai pejuang yang gigih kebudayaan Using di Banyuwangi. Dia banyak aktif dalam sastra, seperti menulis cerpen, esai dan pernah menjadi redaktur di majalah Tanah Air dan Trompet Masyarakat. Cerpennya yang berjudul “Lailatul Qadar” menjadi pemenang III Lomba Cerpen oleh Dewan Kesenian Surabaya (1973), pemenang Runner Up lomba puisi oleh BBC London (1980), juga pernah menjadi pemenang penulisan Kisah Kepahlawanan oleh Angkatan 45 Pusat yang kemudian diterbitkan Balai Pustaka. Disamping itu Hasnan juga menulis novelet di Bali Post dan (ini yang penting) menulis naskah sandiwara radio berbahasa Using.

Dalam berbagai pertemuan penting, Hasnan seringkali diposisikan sebagai pemangku kebudayaan Using yang representatif. Mulai dari seminar kebudayaan di Jatim oleh Universitas Jember dan DK-Jatim, seminar yang diselenggarakan Direktorat Nilai Budaya, Seni dan Film, juga Kajian Perempuan Desantara, serta beberapa pertemuan yang diselenggarakan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Alumnus Pondok Gontor ini (1955) pernah aktif dalam Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI – 1960-1965), Seksi Sastra dan Seni Islam Dewan Kesenian Blambangan (DKB, 1980-1995), Penasehat DKB (1995 hingga sekarang), Koordinator Badan Koordinasi Kesenian dan Kepariwisataan Blambangan (BK3) serta anggota AMAN sebagai wakil masyarakat adat Using.

Lahir di Banyuwangi 17 Oktober 1931, pensiunan Petugas Teknik Perikanan Dinas Perikanan Banyuwangi ini beristrikan Sayu Masunah, dikaruniai empat putra, kini tinggal di Jl. Kapten Ilyas 3-c Banyuwangi, telp. 0333.427275. (*)

(sumber: Buku Penghargaan Seniman Jatim, 2003)

Filed under: Uncategorized

~ oleh sumono pada 2 Agustus 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: