KOPI, dari Yaman,ke Guyana,ke Nusantara, dengan darah dan air mata.

scan0010

Banyuwangiku Indah, kopiku berkwalitas

Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang sensasional cobalah lakukan  dari Jember ke Banyuwangi. Perjalanan sensasional bisa anda lakukan lewat naik kereta api maupun naik mobil. Jika naik kereta api anda akan  melewati  dua terowongan terpanjang di Indonesia . Bayangkan setelah beberapa menit kita terjebak dalam gelap , kemudian tiba tiba  muncul lembah penuh perkebunan kopi sungguh sulit dibayangkan  betapa menakjubkan. Sayang anda tidak dapat menukmati sepuasnya karena kereta api tidak berhenti ditengah perjalanan bukan? Pilihan kedua adalah naik mobil, anda akan menemui jalan berkelok kelok diantara jurang /lembah dan dinding gunung terjal …..Woooo….di Lembah Lembah yang dalam itulah pohon kopi ditanam . Kopi ditempat ini pernah menduduki posisi terhormat  didunia  dan telah diperjual belikan di London tahun 1815  .Kareana kurang perawatan pada tahun terakhir telah merosot menjadi nomer 4. Tapi keindahan dan pesona tetap sangat menawan. Dan akan lebih menawan apabila perjalanan dilakukan   di bulan Desember, ketika kopi lagi berbunga, dan harum bunganya terbawa angin, menyelimuti seluruh alam , apalagi ketika matahari sepenggalah ….wooo alangkah indahnya….

Imposible ke Gleenmoore ,Gleen Levi, Gleenfalloch naik kereta api dari Banyuwangi

Begitu indahnya , pemandangan di Lembah ini, sampai sampai orang Scotland menghadiahkan nama kotanya kepada tanah ini. Tidak tanggung tanggung , tiga sekaligus , yaitu Gleenmore  , Gleenlevi, Gleenfalloch  ( Gleen artinya Lembah , Falloch adalah mysteri binatang didanau Lochness). Inilah tempat didunia ,satu satunya yang memiliki tiga nama Scotland terindah. Jadi lakukan perjalanan kesana …..apalagi ketika anda  dimabuk /menghadapi masalah asmara.Anak saya pernah bercerita kepada temanya  orang Inggris di Singapore , bahwa dia telah seratus kali melakukan perjalanan overland  dari Banyuwangi ke Gleenmore…….Orang Inggris itu ….tertawa terbahak bahak , dan bilang IMPOSSIBLE …..dan dia katakan apakah kamu orang ajaib seperti Harry Potter …..kamu harus terbang 10 jam ke London dulu baru bisa ke Gleenmore…..Anak saya menjawab , tidak perlu . Saya cuma terbang ke Surabaya , dan naik mobil selama 6 jam , maka akan sampai ke Gleenmore. Tahun 2010 orang Inggris ini telah sampai di Gleenmore , Banyuwangi ….wooo wonderfuul…

Asmara dan Kopi

Kini Indonesia menduduki tempat ke tiga sebagai producer kopi didunia setelah Brazil dan Vietnam .                                                               Kopi sampai saat ini tak dapat dipisahkan dengan asmara sampai saat ini. Lihat anak muda memadu asmara di tempat tempat minum kopi. Sementara yang tua membicarakan kisah kisah asmara di Kopithiam atau kedai kedai kopi.Memang hanya dengan asmara  Brazilia mampu menjadi  penghasil kopi terbesar didunia atau menguasai sepertiga produksi kopi didunia setelah Perancis pada abad ke 17. Ya asmaralah yang membuat Brazil menjadi panghasil kopi terbesar didunia.

Penyebaran kopi ,penuh cucuran darah dan air mata, dalam kisah duka , dan sesekali cinta.

Pada saat itu Coffe house mulai terlihat di kota kota besar Eropa, dan di LONDON pertama kali dibuka  tahun 1652.

Coffe house menjadi tempat yang bergengsi, tempat orang yang berpengaruh  bertemu, berbincang bincang . Tidak salah kiranya kalau orang mengatakan  Assuransi Lloyd’s yang terkenal itu memulai usahanya dari sebuah Coffe house.

Kopi didatangkan ke Eropa dari Yaman , di jazirah Arabia. Begitu menggiurkan hasil perdagangan kopi, maka Negara Eropa berebut menguasai perdagangan kopi.Kemashuran cita rasa kopi juga , mampu mendongkrak kesejahteraan rakyat Yaman , sekaligus mengambil peranan besar dalam perdagangan Kopi. Mereka yang tidak dapat menguasai perdagangan kopi dari  Yaman berusaha mengembangkan di tanah tanah jajahan. Banyak usaha yang dijalankan  untuk dapat mengalihkan penanaman kopi dari tanah asalnya, tetapi banyak yang gagal, hanya Perancis yang berhasil mengembangkan penanaman kopi di Guyana, di Amerika Selatan. Guyana menjadi satu satunya Negara yang mengeksport kopi keseluruh Amerika Selatan. Kebun kopi dijaga dengan amat ketat, mereka yang tertangkap membawa ranting kopi keluar perkebunan , atau membawa buah kopi yang masak , akan dihukum dengan amat berat. Kopi telah menjadi sumber pundi pundi Perancis,sehingga tidak sedikit Negara di Amerika Selatan , yang berusaha merebut perkebunan kopi di Guyana. Salah satunya  adalah Brazil.Pertempuran merebut Guyana dari tangan Perancis telah dilakukan beberapa kali.

Lelah dengan cara kekerasan , Brazil mencoba cara yang diplomatis dan asmara.

Seorang perwira militer yang gagah dan ganteng , diangkat sebagai konsuler Brazil di Guyana dan ditugaskan untuk mendapatkan pohon kopi  dengan segala cara.  Dia tidak melakukan spionase untuk mengetahui kekuatan  Perancis di Guyana , untuk kemudian menyusun strategy untuk menyerang Guyana dengan kekuatan militer penuh, tetapi dia sedang melakukan siasat tebar asmara, ke semua dara jelita dan nyonya Perancis di Guyana. Maka asmarapun menemui sasaran yang dituju, yaitu isteri pemimpin Perancis di Guyana. Ketika asmara sedang berkobar, maka apapun yang diminta pasti diberikan.Bunga kopi yang harum semerbakpun menjadi pembicaraan, maka disampaikan rasa cinta yang berkobar dari sang perwira, rasanya tidak pantas sang perwira hanya memberi hadiah hadiah permata kepada  isteri Pemimpin Perancis di Guyana , sang pujaan hati. Dia bercita cita ingin  memberikan bouquet (kembang petetan ) yang terindah didunia kepada pujaan hati, yaitu bouquet (kembang petetan) yang tersusun dari ranting pohon kopi yang penuh dengan bunga kopi yang harumnya semerbak di dunia. Rupanya asmara telah melupakan bahaya, maka istri sang pemimpinpun memberikan secarik rekomendasi agar perwira Brazil sang pujaan hati dapat memetik pohon kopi sesuka hati, agar tersusun bouquet yang indah berseri dan harum mewangi.

Ketika pohon kopi telah dipetik tak terbilang,hanya sebagian pohon kopi untuk bouquet yang yang indah . Buah kopi diganti  permata indah berwarna merah , betapa bahagianya mendapat hadiah yang mewah. Istri pemimpin yang terpesona dengan hadiah itu terlena dengan kopi yang sebagaian besar telah diselundupkan ke Brazil.Perwira itupun pulang , ke Brazil , untuk menyampaikan hasil tipuan yang gemilang. Maka akhirnya Brazil menjadi penghasil kopi terbesar didunia, 1/3 dari hasil kopi didunia . Dan sungguh cerita yang memukau tetapi juga mencederai cinta . ( sumber DEAN’S BIG  BOOK  OF ANSWERS)

Bunga kopi

bunga kopi

Kopi masuk Indonesia

Buku Thomas Stanford Raffless , Hystory of Java  bercerita tentang masuknya kopi ke Indonesia. Kopi mulai ditanam ditanah Pasundan pada zaman Gubernur Daendels.Banyak orang salah mengerti tentang Daendels. Daendels dalam sejarah disebut salah satu Gubernur Belanda. Benar tetapi ada fakta yang disembunyikan, yaitu Belanda pada saat itu dijajah Perancis dibawah daulat Napoleon Bonaparte. jadi Daendels sebenarnya bukan Gubernur Belanda tetapi dia Gubernur Prancis. Daendels adalah orang Belanda yang loyal pada Perancis, dan ketika Belanda dibebaskan Inggris dari Perancis , kelompok yang loyal pada Napoleon Bonaparte ini memisahkan diri dari Belanda dan mendirikan Kerajaan Belgia( 1830) Itulah fakta sejarah yang tertulis di sejarah buku Eropa , tetapi menjadi kabur di Indonesia.

Sebagai Gubernur Perancis ( Negeri yang menguasai dan memonopoli Kopi didunia ), maka Daendels  mulai  membuka perkebunan  Kopi di tanah Parahyangan. Seperti di Guyana maka tanaman kopi di tanah Parahyangan  dijaga dengan  ketat  . Seseorang yang diketahui membawa batang kopi atau hewan peliharaan yang memakan pohon kopi, hukumanya sangat berat. Hewannya dibunuh , dan pemiliknya disiksa dan  tidak jarang pemiliknyapun dibunuh. Sangat kejam. Tanaman Kopi di Parahyangan berhasil dengan baik dan kopi Parahyangan mengisi pasar Eropa. Hasil perkebunan inilah yang dianggap  memperkuat logistik Perancis yang berambisi menguasai Eropa dan Afrika. Bantuan Logistik dari Jawa ke Perancis harus dipatahkan . Ketika Daendels ditarik ke Eropa untuk membantu perang di Eropa.

Kopi menarik Inggris menguasai Nusantara.

Berita keberhasilan Daendels menanam kopi di Indonesia , tentu telah menyebar dengan luas dan cepat di jalur perdagangan Eropa, atau dari cerita cerita orang Yaman yang berdagang kopi dengan Inggris.Tentu hal ini sangat menghawatirkan Inggris yang saat itu sedang berperang melawan Perancis. Keberhasilan penanaman  kopi di Indonesia tentu berbahaya bagi Inggris, karena dapat memperkuat logistik dan pundi pundi Daendels untuk menyokong pendanaan perang Perancis. Tapi rupanya Nopoleon mulai kewalahan menghadapi perang di Eropah, oleh karena itu segera menarik Daendels ke Eropah.

Inggris melihat kelemahan itu. Maka kekuatan Inggris di India menggempur Jawa. Dan Jawa dapat ditaklukan dalam hitungan hari . Maka Raffless pun diangkat menjadi Letnan Gubernur di Nusantara. Raffless bergegas menyebarkan luaskan tanaman kopi dari Sumatera  sampai Ke Banyuwangi

Kopi INDONESIA  dipasarkan di London dan Eropa n Australia. Pelabuhan Banyuwangi menjadi pelabuhan export hasil perkebunan yang sangat ramai . Tahun 1814 Napoleon kalah di Waterloo oleh tentara gabungan Inggris dan Prusia. Dan Inggrispun mengembalikan Nusantara ke Belanda . Stanford Raffles menolak pengembalian ini, maka dia didemosi menjadi gubernur Bengkulu dan Banyuwangi berkedudukan di Bengkulu. Karena keyakinannya bahwa menguasai Nusantara , sangat penting untuk membangun Inggris raya , maka Stanford Raffless  bertekad menguasai jalur perdagangan yang menghubungkan Nusantara dengan negeri lain, maka Rafflesspun  membeli Singapore dari sultan Johor .  Dan  Singaporepun dengan cepat berkembang menjadi pelabuhan antara dari Nusantara dan negeri negeri lain. Sekali lagi pemerintah Inggris menekan  Raffless untuk  segera menyerahkan Bengkulu dan Banyuwangi . Tapi Raffless tetap menolak( mungkin karena Kopi?). Akhirnya tercapai kesepakatan , Bengkulu dan Banyuwangi ditukar dengan kebebasan pelayaran kapal Inggris diseluruh Nusantara terutama jalur perdagangan ke Australia . Dan Raffless dengan berlinang air mata meninggalkan Bengkulu dan Banyuwangi .

Kopi dan Perang Padri.

 

Perang Padri terjadi karena munculnya pertentangan kaum Ulama ( Kaum Padri) dengan kaum adat, yang sudah beragama Islam tetapi masih melakukan perjudian, nyabung ayam, madat, minuman keras, serta hukum adat yang berdasarkan matriarkat, serta longgarnya ritual formal agama Islam. Kaum adat yang kebanyakan para bangsawan menolak ajakan tersebut . Maka terjadilah Perang Pertama dari tahun 1803 sd 1825.

Ketika Nusantara beralih ke tangan Perancis dengan Gubernur Jendral Daendels, terjadilah perundingan damai. Meskipun perundingan gagal , meskipun suasana sangat panas tetapi Perang dapat dihindarkan. Tetapi saat Daendels meninggalkan Indonesia dan Inggris menyerbu Nusantara , maka Perangpun tak terhindar. Pada masa Raffless, perang telah dimenangkan Kaum Padri. Dan dimulailah penanaman Kopi di Sumatera termasuk di Minangkabau,.dan  Rafless tahun 1818 mengunjungi Pagaruyung…

Ketika Rafless meninggalkan Nusantara , dan mulai membangun Singapura, dan Belanda mulai kembali memegang kendali kekuasaan, mulai melirik perdagangan Kopi yang sangat menguntungkan , dan mulai merapat dengan kaum adat , dan mengobarkan Perang dengan janji memberikan bantuan. Keterlibatan Belanda makin memperkeruh keadaan .Karena perdagangan Kopi dikuasai Kaum Padri,maka semua serbuan Belanda dipatahkan. Disamping itu di Jawa muncul Perang Diponegoro tahun 1825 ,maka Belandapun mengajukan perdamaian.

Selama genjatan senjata , Tuanku Imam Bonjol ,Pemimpin Kaum Paderi, merangkul kaum adat sehingga tercapai perdamaian “Plakat Puncak Pato” yang mewujudkan konsensus Adat Basandi  Syarak, Syarak bersendi Kitabullah”.

Setelah Perang Diponegoro usai, akal licik Belanda untuk menguasai perdagangan KOPI, mengobarkan kembali Perang Padri. Dan akhirnya mengalahkan kaum Padri dengan tipu daya licik, seperti yang dilakukan pada Pangeran Diponegoro.

 Terowongan bukti ketakutan dan pemerasan  Belanda pada rakyat Blambangan.

Tahun 1817 Belanda pun kembali menguasai Jawa dalam keadaan miskin dan telah menjadi negara gagal.Para Loyalis Napoleon Bonaparte melakukan pemberontakan untuk memisahkan diri dari Belanda dan pada tahun 1830 berdirilah kerajaan Belgia dan Luxemberg. Dari tiga jajahan Belanda di dunia yang tersisa , yaitu Suriname , Madagaskar, hanya Nusantaralah paling memiliki potensi yang menjajikan yaitu perkebunan yang telah dirintis oleh Daendels ,dan Raffless. Apalagi penguasa Jawa sangat lemah ,dan hanya berpikir kedudukannya. Jika Belgia , dan Luxemberg memberontak, penguasa Jawa tunduk sepenuhnya pada Belanda. Dengan kekuasaaan yan tak terbatas Belanda kemudian menetapkan cuultur stelsel . Memerintahkan rakyat menanam tanaman perkebunan , di seluruh Jawa, dengan kerja rodi, jangankan upah, makanpun harus dipenuhi  sendiri. Penduduk Jawa tidak mampu menahan penderitaan , maka meletuslah Perang Diponegoro, perang terbesar selama masa penjajahan dan diperkirakan 200 ribu  tewas dalam siksaan Belanda.Perang Diponegoro menggema ke seluruh penjuru Jawa dan tidak mudah dipadamkan walau P.Diponegoro telah ditangkap dan dibuang ke Makasar.

Setelah Perang Diponegoro, Belanda dengan leluasa memeras bangsa Indonesia tanpa perlawanan. Kerja rodi dpergiat untuk membangun infrastruktur untuk menguras bumi Nusantara. Ke daerah perkebunan dibangun jalan raya dan kereta api.Kalo perlu menembus gunung. Tahun 1885 dibangun terowongan Rowokele Kebumen. Keberhasilan pembangunan Rowokele mendorong Belanda membangun terowongan Garakan dan Garakan pada tahun 1901 1902.. Betapa besar potensi Banyuwangi terlihat dari tekad Belanda menembus gunung Raung  dengan membuat terowongan Garakan panjang 90 m dan Mrawan sepanjang 980m serta  sebelas jembatan diantara jurang yang kedalamannya sampai 63 m.

Pembangunan terowongan ini juga mengisyaratkan ketakutan Belanda pada rakyat Blambangan dan untuk Banyuwangi harus diisolasi ,diperas sampai tinggal tulang belulang  dan diterlantarkan. Pelabuhan Banyuwangi diperkecil fungsinya . Export hasil perkebunan dipindahkan ke Surabaya. Kantor perkebunan  didirikan di Jember. Banyuwangipun terlunta. lunta . Tidak seperti didaerah Nusantara lainnya, daerah perkebunan di Banyuwangi sangat merana. Kalibaru, Gleenmore, Gleenlevis, Gleenfalloch, tidak tersentuh dari hasil kekayaan alamnya. Justru Jember yang berada di balik gunung Raung menikmati hasinya, begitu juga Surabaya. Jadi jika dibandingkan harta yang diambil dari Banyuwangi oleh Belanda dibandingkan dengan warisan Belanda di Banyuwangi ibarat menebar garam di air laut . Bayangkan tidak satu sekolah menengah  didirikan di Banyuwangi selama pada masa penjajahan Belanda.SD hanya ada di Banyuwangi . Terjadi pembodohan total


2 Tanggapan to “KOPI, dari Yaman,ke Guyana,ke Nusantara, dengan darah dan air mata.”

  1. berapa luas kebun kopi di brazil?

    • Dik Erik ,tks pertanyaannya yg menggelitik. Jadi akhirnya saya mencoba membaca banyak artikel tentang kopi, karena saya hanya penggemar baca bukan ahli dalam per kopian.
      1. Rupaya setelah kopi berhasil ditanam di Brazil, dan Brazil dapat mengalahkan Perancis dalam dominasi perdagangan kopi,maka Perancis menanam Kopi dihampir seluruh tanah jajahan , dan kopi akhirnya menjadi tanaman yang menyebar ke seluruh dunia,dan tidak lagi terjadi monopoli.
      2. Yang menarik ternyata ,dulu zaman Belanda , Kopi Banyuwangi , telah sangat terkenal…..dan telah memiliki nama dagang sendiri……..tetapi kita pernah memuliakan milik kita…..akhirnya hilang…….dan anak 2 kita sekarang dengan bangga nongkrong di STARR BUCK……warung kopi dari negara yang tidak punya kebun kopi.
      3. Tentang luas ,saya tidak mendapatkan .Mohon maaf. Tetapi Brazil saat ini bukan satu 2nya, negara yang menghasilkan kopi yang terbesar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: