H.BAMBANG SUGIONO ,PUTRA BANYUWANGI,WALIKOTA JAKARTA UTARA

walikota-jakut-hbambang-sugiyono

Bpk Fauzi Bowo: Janji yang ditepati

Pada Pertemuan Halal bil Halal Ikawangi tahun 2008, ada hal yang sangat menarik. Ketika undangan  Ikawangi itu  saya terima, seperti biasa saya meminta pengemudi saya  membacanya.Saya tidak menyangka expressi wajahnya  berubah, ketika membaca nama penceramah, seorang Sharifah / gelar , dan lebih terkejut lagi ketika membaca ketuanya juga seorang Sharifah( Sharifah Banun Achmad Baabud).Memang pada kelompok tertentu di Betawi (Jakarta) hal ini masih menjadi keniscayaan.

Buat  orang Banyuwangi ,yang sangat pluralis  serta bergaul harmonis dan saling menghormati dengan semua bangsa yang ada di Banyuwangi (Arab , China, India, Pakistan ,Maladiva) hal ini adalah suatu hal yang biasa. ( Baca Jejer Banyuwangi)

Menjadi pertanyaan apakah  Ketua Ikawangi yang juga Kepala Kesatuan Kebangsaan Prov DKI (H.Bambang Sugiono SE Msi) pada waktu itu , sengaja memilih ketua untuk menyampaikan pesan bahwa pergaulan pluralis, dan multiras adalah sudah menjadi nilai budaya orang Banyuwangi .

Dan  betapa membanggakan ketika Gubernur DKI , Bpk Fauzi Bowo memberikan sambutan,beliau mengagumi nilai pluralis orang Banyuwangi, dan meyakini dapat memberi sumbangan besar pada pembangunan  DKI.

Lebih dari itu beliau menjanjikan bahwa beliau akan menempatkan seorang putra Banyuwangi dalam jajarannya. Sangat surprise buat saya…………

Pada saat ini, terlalu banyak janji yang disampaikan , tetapi terlalu sedikit yang dipenuhi …oleh karena itu saya  mencatat  dan menyimak janji ini dengan sebaik baiknya. Karena  janji tsb  adalah janji untuk  seorang putra Banyuwangi.

Alhamdulillah , terbukti bpk Fauzi Bowo adalah pribadi yang memenuhi janji. Maka pada tanggal 22 Januari 2009, beliau melantik  Sdr H. Bambang Sugiono SE Msi, menjadi Walikota Jakarta Utara

Kini H.Bambang Sugiono SE Msi menjadi putra Banyuwangi ketiga sebagai Walikota , di provinsi DKI ,Ibukota Negara Republik Indonesia, setelah Bpk. Abdul Kahpi,  Walikota Jakarta Pusat, kemudian menjadi Wagub DKI. Dan Bapk. Drs Sutarjiyanto sebagai Walikota Jakarta Barat.

Suatu prestasi yang luar biasa bagi putra Banyuwangi dan bagi.H. Bambang Sugiono SE Msi yang meniti karirnya dari bawah di Pem Prov DKI.

Tekun Beribadah dan Berorganisasi sejak Kecil

Untuk  dapat menggali  energy  , yang mampu mendorong putra Banyuwangi ini mencapai karirnya, penulis mewawancarai di Ruang Walikota Jakarta Utara yang apik.

Dibesarkan dilingkungan ibu yang sangat kuat ibadahnya , dan ayah yang aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan, Sugiono kecil ,mewarisi keduanya, yaitu senang beribadah dan berorganisasi. Kecintaannya pada ibunya, membuat Sugiono kecil, menjadi seorang yang sangat care pada masalah  rakyat kecil, dan meyakini dengan sepenuh hati kekuatan amal kebaikan, sedang dari ayahnya , membuat Sugiono kecil sudah terjun dalam organisasi sejak dari Sekolah Dasar, menjadi orang yang sangat focus pada tugas dan tekun dalam pekerjaaan.

Dengan bekal itulah , Sugiono S.E berani menapakkan karirnya, di ibu kota Negara ini dan memulai karirnya dari bawah.

Buat ybs , tugas adalah sesuatu ibadah, karena itu akan dilaksanakan sebaik baiknya, dan meyakini tidak ada kendala yang tidak dapat diselesaikan .

Suatu pengalaman, akhirnya lebih mengukuhkan keyakinannya, bahwa dalam melaksanakan tugas, tidak boleh mengabaikan amal ibadah.

Suatu saat beliau sangat sibuk , pekerjaan bertumpuk tumpuk, janji pertemuan dengan pengasuh anak yatim piatu, dirasa sangat menganggu pekerjaannya, karena itu akhirnya dia batalkan. Yang terjadi pekerjaan malah tidak beres beres dan  semakin ruwet.

Ketika menunaikan sholat, lamat lamat terkenang pesan ibunya, santun pada yatim piatu. Maka selesai sembahyang beliau bereskan janji pada pengasuh anak yatim  piatu itu, dan kemudian tanpa disadari benang ruwet pekerjaannya, dapat diurai satu persatu, dan tuntaslah pekerjaan itu.

Dan pola kerja itu menjadi pegangannya saat ini. Sambil tertawa kecil, yang bersangkutan , teringat , tentang nama Manejemen itu, Manejemen Qolbu.

Tiga Tugas Utama dan prestasi pada awal Jabatan

Pada saat pelantikan , Bapak Gubernur DKI,Bpk Fauzi Bowo, menekankan  tugas yang                                 harus dilaksanakan oleh Sdr. H.Bambang Sugiono S.E. Msi, yaitu menjadi ujung tombak untuk menanggulangi Banjir DKI dan menahan gelombang air pasang,.

Untuk itu ada tiga tugas utama yang harus dilaksanakan;

1.Untuk menanggulangi banjir DKI maka perlu mempercepat pembebasan lahan kanal banjir timur (KBT) di wilayah Jakarta Utara, serta menyelesaikan pembuatan kanalnya.

2.Untuk menahan gelombang air pasang ,segera menyelesaikan pembuatan  tanggul di bibir pantai

3.Memperbanyak jumlah tanaman bakau sehingga tanaman bakau di Jakarta Utara bertambah banyak

Tiga tugas utama yang luar biasa beratnya, sebuah tugas yang kasat mata dan langsung dirasakan rakyat, tetapi juga minim penghargaan dan maximal keluhan. Karena dipandang dari segala sudut manapun , mulai letak dataran DKI, jumlah penduduk dan kontribusinya pada jumlah sampah, serta perilaku disiplin dan kebersihan, maka sebenarnya DKI adalah daerah biasa banjir. Maka seharusnya setiap usaha untuk menanggulangi banjir adalah tugas yang harus didukung secara penuh, dan menjadi usaha bersama.

Mempertahankan ADIPURA  dan Membangun Masyarakat Pesisir.

Pada tugas  jangka pendek , Wali Kota , juga menghadapi tugas yang tak ringannya yaitu harus dapat mempertahankan penghargaan  piala ADIPURA untuk yang kelima kalinya.

Bersyukurlah kita karena Sdr. Bambang Sugiono, yang memiliki kemampuan  Manejemen Qolbu, dan memahami secara baik character berbagi etnis di Nusantara serta berbagai unsur kebangsaan  yang ada di Jakarta Utara, sehingga dalam waktu singkat dapat mempertahankan motivasi rakyat Jakarta Utara,sehingga pada tgl 4 Juli 2009, wilayah Jakarta Utara mampu meraih PIALA ADIPURA untuk yang kelima kalinya.

Setelah piala ADIPURA dapat dipertahankan, kini pikiran lebih diarahkan pada sasaran jangka panjang.Sebagai mantan Kepala Kesatuan Bangsa, H.Bambang Sugiono memiliki obsesi besar pada peninggalan sejarah bangsa. Hanya bangsa yang menghargai lintasan sejarahnya , akan menjadi bangsa yang besar. Jakarta Utara memiliki cukup banyak peninggalan sejarah, yang mampu menggambarkan masa awal kebangkitan Jakarta. Peninggalan sejarah itu terserak di Jakarta Utara, yang dikelilingi kampung kampung kumuh, sesuatu yang sangat niscaya.

Dia yakin , peninggalan sejarah itu disamping memiliki nilai kebangsaan juga memiliki potensi untuk membangkitkan motivasi masyarakat untuk memperbaiki kesejahteraannya

Oleh karena itu, dia membangun jalan penghubung kesetiap obyek sejarah itu. Dengan adanya jalan tersebut, orang akan tertarik untuk mengunjungi obyek sejarah itu, sekaligus menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat

Tetapi dalam zaman modern ini, kemasan amatlah penting untuk menarik pengunjung.

Maka untuk mensosialisasikan obyek sejarah itu, dikemaslah suatu Festival Pesisir pada tgl 26 Juli 2009 , yang dibuka oleh Bpk Gubernur DKI, Bpk.Fauzi Bowo. Dalam festival Pesisr tersebut, diadakan Pagelaran Musik, Kesenian,Etnis, Bazaar,pameran Lukisan, dan perlombaan masakan laut.

Suatu permulan yang baik dan mudah2an menjadi landasan yang kuat untuk melaksanakan tugas tugas berat dimasa mendatang

SELAMAT UNTUK H.BAMBANG SUGIONO MSi ,serta doa mengiringi tugas anda

Amiiiiiiiiiiin


24 Tanggapan to “H.BAMBANG SUGIONO ,PUTRA BANYUWANGI,WALIKOTA JAKARTA UTARA”

  1. Kepada Yth
    Bpk. BAMBANG SOEGIONO
    Walikota Jakarta Utara

    Assalamualaikum….
    sebelumnya perkenalkan nama saya Muhammad Nazri, saya tinggal di jalan Hidup Baru Jakarta Utara,
    maksud saya disini, ada sedikit pengaduan suara kami selaku warga jakarta utara

    saya ingin berbagi tentang keadaan wilayah rumah saya, yang dulunya tenang, bersih, tidak kotor,
    tetapi sekarang menjadi pasar, yang sebelumnya pasar itu ada di depan, tetapi sekarang jadi
    satu jalan penuh di hidup baru jakarta utara menjadi pasar, KOTOR & BERISIK

    depan mesjid jadi KOTOR, mau masukan kendaraan Mobil / Motor ke rumah jadi susah karena tertutup oleh PASAR itu,
    di depan jalan Hidup baru ada Papan bertuliskan LOKASI PASAR SEMENTARA, tapi pasar itu sudah berjalan hampir 25 Tahun, dan sampai hari ini, Lingkungan tempat kami tinggal , jadi Kotor
    apakah 27 tahun bisa dikatakan sementara ? apakah ada oknum yang menangani pasar ini, sehingga pasar ini berada tidak pada tempatnya,

    Kami berharap baik, untuk tanggapanya dari pemerintahan DKI ataupun dari Bapak Walikota
    Kami ucapkan banyak terima kasih, dan kami berharap dapat ditangani Pak Walikota, dan kami mendengar kabar bahwa jumat nanti tanggal 18 desember 2009 Pak walikota
    ingin meninjau lokasi, tetapi kamipun mendapat info dari warga sekitar nanti di depan mulut jalan hidup baru akan dibangun tenda dan panggung,
    agar ketika Pak Walikota lewat, maka Bapak tidak dapat melihat, sehingga tidak tahu, bahwa dibelakang panggung itu ada PASAR,
    TOLONG PAK….PASAR INI MENGGANGGU KAMI…

    SALAM, nazri & Warga Jalan Hidup Baru, Jakarta Utara

    • Telah disampaikan kepada beliau ,mohon diperjelas lokasinya.

      • Lokasinya berada : masuk dari jalan Kalimati,
        di Jalan Hidup Baru, Jakarta Utara 14420
        Kel. Pademangan Barat, dahulunya jalan ini bukan sepenuhnya pasar…kami berharap baik…bisa ditanggapi..terima kasih
        salam

  2. KEPADA BAPAK WALIKOTA ,,, TOLONG MAKAM QUBAH ALHADDAD ( MBAH PRIUK ) JANGAN DIBONGKAR … ITU MAKAM SEORANG WALIULLAH .. DAN UGA SEARAH KOTA JAKARTA … KALO TIDAK ADA BELIAU TIDAK ADA NAMA TANJUNG PRIUK …

  3. 14 April 2010 | 17:53 wib | Nasional
    Tragedi Priok, Wakil Gubernur DKI Jakarta Minta Maaf

    Jakarta, CyberNews. Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menyesalkan terjadinya bentrokan antara warga dengan aparat keamanan di lokasi makam Mbah Priok yang melukai puluhan orang lainnya. Pihaknya juga meminta maaf kepada warga masyarakat dan aparat yang menjadi korban.

    “Kami meminta maaf kepada masyarakat,” ujarnya, Rabu (14/4).

    Menanggapi bentrokan yang masih terus terjadi, Prijanto meminta aparat dan masyarakat bersikap lebih tenang sehingga kerusuhan dapat segera dihentikan.

    Prijanto menegaskan, sejak pukul 15.00 WIB segala kegiatan aparat keamanan sudah dihentikan. “Mengapa kemudian aparat masih ada di lapangan semata-mata karena mereka tidak bisa keluar,” tegasnya dengan nada tinggi.

    Wagub menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud menggusur makam Habib Mbah Priok. Pemerintah hanya akan menggusur bangunan di belakang kompleks makam seluas 300 meter persegi yang berdiri di atas lahan milik PT Pelindo.

    “Bekas makam itu akan direnovasi. Ini pun sudah dibicarakan dengan ahli waris dan keluarga,” tukasnya.

    ( Farodlilah /CN12 )

    Powered by Telkomsel Blackb

  4. Saya warga Jakarta Utara, JL. Warakas IV Gang 15 No. 36 B, RT.004/RW.014 Kel. Warakas, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara ingin menyampaikan ususlan agar Bapak Walikota mencantumkan alamat E-Mail beliau agar memudahkan warga berkomunikasi dengan beliau tanpa harus bertatap langsung dengan beliau.
    Terima kasih dan mohon tanggapannya segera.

    A. Haris R.

  5. SEYOGYANYA PEIMPINAN TAU PENYELENGGRA NEGARA YA SEPERTI KINERJANYA BAPAK WALIKOTA UTARA INSYA ALLAH INDONESIA BISA TERCAPAI SEPERTI CITA CITA PARA PENDIRI NEGARA KITA TERCINTA. SEMOGA allah akan menurunkan pejabata pejabat negrara yng bermoral dan mentl sperti bapak walikot ajakarta utara.
    selamat berjuang dan beribadah puasa romadhon untuk pak wali jakut.

  6. wassalam bpk walikota ,saya juga tinggal dijlan hidup baru pademangan barat,dan sependapat dg bpk m.nazri, alangkah tidak sesuainya pasar kumuh ada ditengah kota yg membuat macet dan banjir,harap bpk pertimbangkan keadaannya,terima kasih

  7. Pak Sumono yth,
    Apakah masih ingat saya pak?
    Saya Hendig Winarno, anggota MP Yogya. Tahun 2007 saya pernah melamar ke KS, ketemu Bapak yang pada saat itu sebagai kepala Bagian/Biro SDM atau sejenisnya. Saat itu saya sudah lolos hingga tes akhir, tinggal 4 orang, tetapi karena “sesuatu hal”, akhirnya saya tidak jadi diterima. Bapak telah berusaha untuk membantu saya dengan menawarkan ke direktorat (atau sejenisnya) lain, agar saya dapat diterima–tetapi rupanya tidak sesuai dengan ijazah saya yang lulusan kimia murni.
    Saya juga arek Banyuwangi, SMA saya di Genteng. Sama dengan bapak saya melancong ke UGM. Dan setelah saya batal masuk KS, akhirnya saya ke BATAN Pasar Jumat Jakarta. Mungkin juga jalan saya untuk akhirnya saya bisa melanjutkan S2-S3 ke Jepang. Saat ini saya juga dipercaya untuk mengemban tugas sbg salah satu eselon II. Tanggal 8 Jan kami kumpul2 di rumah pak H. Bambang Sugiono (walkot JakUt) yang kebetulan kakak kelas saya di SMAN.
    Semoga bapak masih ingat saya dan semoga tulisan ini dapat mempererat tali silaturahim kita semua warga Bwi.

    Salam,
    HW

    • Wah matur nuwun berkenan mengunjungi blog saya. Nama dik Win sering saya dengar . Insyaalloh kalo ketemu pasti ingat. Selamat dan Sukses dik. Arigato Go jaimase. Aaaamiiiin. Bagaimana MP( Merpati Putihnya) nya……kalo saya ……paling ingat ya langkah seribu…..hehe

  8. Ass.Ww. Pak Wali, pancen kita bangga punya Walikota Jakut, orangnya supel, rendah hati, enak diajak ngobrol formil atau santai. Bertemu langsung 2 kali di rapat kantor Walikota dan dilapangan 1 kali dalam pencanangan pohon trembesi secara simbolis di Pluit. Kemudian acara pencanangan jalur sepeda di Kelapa Gading Permai, pendek kata mari kita dukung program yang membangun untuk kenyamanan, keindahan, kebersihan bersama dan sukses untuk Pak Bambang Soegiono wong Banyuwangi ……..
    salam hangat !!

  9. semoga pak bambang dan keluarga sehat selalu dan mendapat ridhoNya sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik

  10. Assrwbr, Pak Wali yang terhormat perkenalkan saya Anom Kusdrajid Pengurus Masjid Ma’mun Kholis yang berada di lingkungan Komplek TNI-AL Kelapa Gading Jakarta Utara mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya atas kunjungan sekaligus melaksanakan sholat Jum’at pada tanggal 9/3/2012 kami segenap pengurus mengucapkan terima kasih juga kepada Camat Kelapa Gading diwakili oleh Bapak Musa dan dari Lurah Kelapa Gading barat oleh Bapak Ade semua yang hadir semoga mendapat amal ibadah .Wasallam.Anom Kusdrajid Jl.Tabah Raya RT.001/09 Komplek TNI-AL Kelapa Gading Jakarta Utara .

  11. pak bambang iki kancane sekolah apak isun bengen. smp-ne ng muhammadiyah temuguruh, sma-ne ng maron genteng.
    kapanane apak isun ng jkt arep mampir tp wedi nawi heng kenal maning.
    kadung ktemu yo kang, salamaken. waraen ono salam teko kembiritan konco sak bangku bengen pas smp.

    salam laros !!!

  12. Ass.wr.wb. selamat sore Bpk .H ,Bambang,Sugiyono .SE.Msi , Yang saya Hormati , kami dari media merdeka news , hanya menyampaikan bahwa jembatan marunda STIP cilincing mengalami kondisi sangat menprihatinkan karna sambungan graider bolong sepajang 5meter , rawan bagi pengguna kendaraan bermotor , agar secepat nya di perbaiki jangan sampai terjadi menimbulkan kecelakaan , Ada pun jembatan BKT bidara sangat – sangat memprihatinkan kondisi nya retak -retak tembok penghalang kurang terawat , ada pun pantauan kami banyak sekali yang kurang di benahi jalan menuju cilincing putaran jembatan drain cakung yang berapa waktu silam ambruk graider agar jalan tersebut di perbaiki , maupun jalan yang menuju rawa malang rusak parah cilincing jakarta -utara , saya akhiri sebelum nya rasa kurang hormat saya .hendra.wasniyanto . sku .merdeka news . mengutamakan aspirasi rakyat

  13. mohon ijin copas kang, kanggo tambahan artikel blog isun, http://tokohbanyuwangi.blogspot.com/

    kesuwon kang…

    • Silahkan dik. Opo lebih baik blog ini di link ke Blog anda , sudah 6o blog yg link ke blog ini. Artinya setiap saya menulis maka seketika di blog anda ada . Matur nuwun.

  14. Ass.wr .wb .selamat siang menjelang sore , Bpk H,BAMBANG .SUGIYONO , Wali Kota Jakarta Utara ,yang sangat saya hormati , sebelum nya minta maaf rasa kurang hormat saya mengganggu kesibukan dalam pekerjaan Bpk .Wali Kota Jakarta Utara , Perkenalkan saya nama hendra .wasniyanto , journalis surat kabar umum merdeka news , mengutamakan aspirasi rakyat , Pantauan Liputan saya di lapangan , Kondisi jembatan DRAIN CAKUNG MARUNDA CILINCING JAKARTA UTARA , Sangat memprihatinkan jalan banyak berlobang dan bergelombang membahayakan bagi pengguna kendaraan roda dua ( motor ) , Mobil , truk contener , jangan sampai menimbulkan terjadi nya kecelakaan / korban , Tolong sampaikan kepada Departemen Pekerja Umum DKI Jakarta , sebelum nya terimakasi aspirasi saya sebagai media dapat di terima oleh , Bpk.H .BAMBANG.SUGIYONO . WALI KOTA JAKARTA UTARA . HORMAT SAYA .HENDRA.WASNIYANTO

  15. siip, sukses buat orang banyuwangi..muhamad isnaini-makassar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: